Asesmen Lapangan (AL) Lamemba Prodi Ekonomi Syariah STAI Miftahul Huda Subang

Hari-1

Pada tanggal 14-15 November 2023, dilaksanakan Asesmen Lapangan Akreditasi oleh LAMEMBA untuk Program Studi Sarjana Ekonomi Syariah (ES) STAI Miftahul Huda Subang. LAMEMBA, sebuah lembaga akreditasi mandiri di bidang Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi, bertanggung jawab melakukan proses akreditasi untuk Program Studi di bidang tersebut. Tujuan akreditasi ini adalah mengevaluasi komitmen perguruan tinggi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi, guna menentukan kelayakan program studi dan unit pengelolaannya. Asesmen lapangan dilakukan oleh tim asesor yang terdiri dari pakar dalam pengelolaan perguruan tinggi. Tim asesor yang ditunjuk oleh LAMEMBA untuk Program Studi Ekonomi Syariah (ES) STAI Miftahul Huda Subang terdiri dari Ibu Dr. Isnaini Harahap, M.Ag dari UIN Sumatera Utara Medan, dan Bapak Prof. Dr. Samsubar Saleh, M.Soc.,Sc. dari Universitas Gadjah Mada.

Pada hari pertama, asesmen lapangan dihadiri oleh pimpinan STAI Miftahul Huda Subang, pimpinan unit terkait, dan dosen-dosen Program Studi Ekonomi Syariah. Kegiatan tersebut melibatkan verifikasi bukti-bukti pendukung tambahan untuk melengkapi dokumen akreditasi. Penjelasan disampaikan oleh Ketua Program Studi Ekonomi Syariah, Bapak Suharto, SE., M.Ak, dengan dukungan dari Tim Akreditasi Prodi Ekonomi Syariah dan Tim dari Lembaga Penjaminan Mutu STAI Miftahul Huda Subang. Hari kedua melibatkan peninjauan lapangan untuk melihat kondisi nyata sarana dan prasarana yang telah disediakan oleh STAI Miftahul Huda Subang. Kegiatan ini dilakukan bersama dengan Ketua Prodi Ekonomi Syariah dan mencakup evaluasi terhadap sarana fisik dan digital yang mendukung pembelajaran mahasiswa serta pelaksanaan tridharma perguruan tinggi bagi dosen. Hal ini dilakukan untuk memastikan kebenaran informasi yang disampaikan oleh Program Studi Ekonomi Syariah kepada LAMEMBA dalam dokumen akreditasi.

Asesmen lapangan ditutup dengan penyampaian rekomendasi dan penandatanganan berita acara asesmen lapangan. Tim asesor LAMEMBA memberikan apresiasi terhadap pencapaian yang sudah baik dan memberikan rekomendasi untuk perbaikan berkelanjutan. Penutup disampaikan oleh Ketua STAI Miftahul Huda Subang, Dr. Muchamad Rifki, M.Pd., M.Pd.I, yang menyampaikan terima kasih atas rekomendasi yang diberikan, sambil berharap agar Program Studi Ekonomi Syariah mendapatkan nilai akreditasi sesuai harapan.

0 0 votes
Article Rating
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments