Profil Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI)

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)

 Ketua Prodi : Munasir, M.Pd.

 

Visi Program Studi PAI STAI Miftahul Huda Subang Adalah:

Pada Tahun 2025 menjadi Program Studi Pendidikan Agama Islam yang terkemuka di wilayah Purwasuka (Purwakarta, Subang, dan Karawang) dalam menghasilkan tenaga pendidik yang profesional.

Dengan berpedoman pada Visi di atas, Program Studi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Huda Subang mempunyai misi:

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan akademik yang profesional di bidang Pendidikan Agama Islam;
  2. Mengembangkan keilmuan bidang pendidikan agama Islam, melalui kegiatan penelitian
  3. Mengaplikasikan hasil penelitian dalam pengabdian kepada masyarakat.
  4. Menyebarluaskan hasil kajian keilmuan bidang pendidikan agama Islam, melalui program in service training dan program pelatihan yang relevan pada lembaga pendidikan agama Islam.

Sesuai dengan visi, misi di atas, Program Studi PAI STAI Miftahul Huda Subang bertujuan untuk:

  1. Menghasilkan Sarjana PAI yang berkualitas serta mampu berperan dalam pengembangan ilmu Pendidikan Agama Islam;
  2. Menghasilkan sarjana PAI yang mampu menjadi tenaga pendidik PAI yang profesional pada Sekolah dan Madrasah.
  3. Menghasilkan Guru PAI yang memenuhi kualifikasi akademik serta memiliki kemantapan aqidah, keluasan ilmu pengetahuan, kedalaman spiritual, kepribadian yang luhur serta keterampilan profesional.
  4. Memenuhi standar kompetensi tenaga pendidik, yaitu kompetensi paedagogik, profesional, kepribadian dan sosial.

Profil LulusanPendidikan Agama Islam

Profil lulusan S1 Program Studi Pendidikan Agama Islam STAI Miftahul Huda adalah:

  1. Pendidik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada sekolah/madrasah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK/MAK) yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya dan berkemampuan dalam melaksanakan tugas serta bertanggung jawab berlandaskan etika keislaman, keilmuan dan profesi.
  2. Peneliti Pendidikan Agama Islam yang memiliki kemampuan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan terkait pendidikan Agama Islam.
  3. Penulis Pendidikan Agama Islam yang memiliki keahlian dalam mengembangkan konsep pendidikan Agama Islam melalui tulisan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas.
  4. Enterpreneur Pendidikan/Edupreneur yang mampu menciptakan lapangan kerja serta mampu berkompetisi di dunia kerja.
  5. Pengelola Pendidikan, Konsultan Pendidikan, Trainer, atau Pembelajar Pendidikan Agama Islam yang mandiri, unggul, terampil, dan berakhlak mulia.

About admin